EDDY Current
EDDY Current Dalam gulungan Transformator dipertimbangkan, dan metodenya diambil untuk menghitung variasi tahanan belitan dan kebocoran induktansi dengan frekuensi untuk
➽ Transformator dengan Gulungan Tunggal
➽ Transformator Multilayer
➽ Transformator dengan Gulungan Bersegional.
Metode terdiri dari
➽ Membagi belitan menjadi beberapa bagian.
➽ Menghitung d.c.
➽ Resistensi.
➽ d.c. kebocoran induktansi dari masing-masing bagian.
➽ Mengalikan nilai-nilai d.c. berdasarkan faktor-faktor yang tepat
untuk memperoleh nilai-nilai a.c.
Nilai a,c katakanlah, lilitan primer dan dijumlahkan untuk memberikan hambatan lilitan total dan kebocoran induktansi trafo. Rumus berasal dan dikutip untuk menghitung d.c. resistensi dan kebocoran induktansi dari bagian yang berliku.
Arus Eddy (Disebut juga Arus Foucault) - Loop Arus Listrik yang diinduksikan di dalam konduktor oleh medan magnet yang berubah pada driver karena hukum Induksi Faraday. Arus Eddy mengalir dalam Loop tertutup di dalam konduktor, tegak lurus terhadap medan magnet.
Dapat diinduksi di konduktor stasioner di dekatnya oleh medan magnet yang berubah waktu, yang diciptakan oleh elektromagnet AC atau transformator, Dengan gerakan relatif antara magnet dan konduktor di dekatnya.
Besarnya arus dalam loop tertentu sebanding dengan
➽ Kekuatan Medan Magnet
➽ Luas Loop
➽ Laju Perubahan Fluks
➽ Berbanding terbalik dengan Resistivitas Material.
Eddy current (I) diinduksikan ke dalam lempeng logam konduktif (C) ketika bergerak ke kanan di bawah magnet (N). Medan magnet (B) diarahkan melalui pelat.
Bidang yang meningkat di ujung depan magnet (kiri) menginduksi arus berlawanan arah jarum jam, yang oleh hukum Lenz menciptakan Medan Magnetnya sendiri yang diarahkan, yang menentang medan magnet, menghasilkan gaya perlambatan.
Di Trailing Edge Magnet (kanan), arus searah jarum jam dan ke bawah dibuat (panah biru kanan) juga menghasil kan gaya perlambatan.
Hukum Lenz, Arus Eddy menciptakan medan magnet yang menentang perubahan medan magnet yang menciptakannya, dan dengan demikian arus eddy bereaksi pada sumber medan magnet.
Aturan Tangan Kanan Fleming menunjukkan arah arus induksi ketika sebuah konduktor yang melekat pada sirkuit bergerak dalam medan magnet. Digunakan untuk menentukan arah arus dalam gulungan generator.
Ketika driver seperti kawat terhubung ke medan magnet, arus listrik diinduksi di kawat karena Hukum Faraday tentang Induksi. Arus dalam kawat dapat memiliki dua kemungkinan arah. Aturan tangan kanan Fleming memberi arah mana arus mengalir.
Permukaan Konduktif di dekatnya akan mengerahkan gaya seret pada magnet yang bergerak yang menentang gerakannya, karena Arus Eddy yang diinduksi di permukaan oleh Medan Magnet yang bergerak.
Efek ini digunakan di rem eddy saat ini yang digunakan untuk menghentikan memutar alat-alat listrik dengan cepat ketika mereka dimatikan.
Arus Eddy juga digunakan untuk memanaskan benda-benda dalam tungku dan peralatan pemanas induksi, dan untuk mendeteksi celah dan kekurangan pada bagian logam menggunakan instrumen pengujian arus eddy
Arus yang mengalir melalui resistansi konduktor juga membuang energi sebagai panas dalam material. Dengan demikian arus eddy adalah penyebab kehilangan energi dalam arus bolak-balik (AC) induktor, transformer, motor listrik dan generator, dan mesin AC lainnya, yang membutuhkan konstruksi khusus seperti inti magnetik yang dilaminasi atau inti ferit untuk menguranginya.
SOLENOID
Solenoid - Perangkat ElektroMagnetik sederhana yang terdiri dari kawat listrik melingkar, dibungkus dalam bentuk Heliks. Ketika arus listrik dilewatkan melalui kawat, Solenoid seperti magnet dengan kutub N dan S di ujung Heliks.
Karena berongga, solenoid dapat menarik besi atau batang ferromagnetik ke dalam heliks. Efek ini berguna dalam menciptakan peralihan atau penguncian perangkat.
Penggunaan lain dari solenoid adalah dalam penciptaan elektromagnet. Ketika batang besi secara permanen ditempatkan di dalam solenoid, logam sangat meningkatkan efek magnet.
Eddy Current dan Magnetic Damping
Motional Emf, ggl motional diinduksi ketika pengemudi bergerak dalam medan magnet atau ketika medan magnet bergerak relatif terhadap pengemudi. Jika ggl motional dapat menyebabkan loop arus pada driver, kita mengacu pada arus sebagai arus eddy.
Eddy Current dapat menghasilkan drag yang signifikan, disebut Magnetic Damping, pada gerakan. Pertimbangkan perangkat yang ditunjukkan pada Gambar, engayunkan sebuah bandul di antara kutub magnet yang kuat.
(Kegiatan Laboratorium Fisika)
Jika bob adalah logam, ada hambatan yang signifikan pada bob ketika memasuki dan meninggalkan lapangan, dengan cepat meredam gerakan. Namun, jika bob adalah pelat logam berlubang, seperti yang ditunjukkan pada Gambar (b), ada efek yang jauh lebih kecil karena magnet. Tidak ada efek yang terlihat pada bob yang terbuat dari isolator.
[ Eddy Current Brake Design (65) - Hollowell, Thomas Culver
[ Eddy Current Losses (13) - Lloyd H. Dixon, Jr.
[ Eddy Current (7)
[ Eddy currents in accelerator magnets (43) - G. Moritz
[ Effect of Eddy Current (21) - Y. Chung and J. Galayda
[ Element Analysis Of Eddy Current Losses (139) - Jenni Pippuri
[ Magnetic Circuits and Core Losses (21) - Kharagpur
[ Avionics Knowledge ] - [ The Computer Networking ]
Belum ada Komentar untuk "EDDY Current"
Posting Komentar