ARINC 618 - Character Oriented Protocol
ACARS - Protokol Data ARINC Specification 618, Diterbitkan dan dikelola oleh Aeronautical Radio, Inc. Fungsi Protokol untuk menyediakan konektivitas data berbasis karakter antara pesawat terbang dan sejumlah penyedia layanan berbasis darat yang dengannya operator pesawat terbang Memiliki hubungan langganan
Standar (ACARS), Tautan Data VHF yang mentransfer data berorientasi karakter antara Sistem Pesawat dan Sistem Ground. Fasilitas komunikasi memungkinkan pesawat beroperasi sebagai bagian dari Sistem Komando, Pengendalian dan Manajemen Maskapai Penerbangan.
Merujuk ke penyedia layanan data sebagai "Penyedia Data".Layanan Data mencakup
➤ Terminal Weather Information for Pilots (TWIP)
➤ Automatic Terminal Information Service (ATIS)
➤ Flight Plan
➤ Flight Plan Winds Update
➤ On/Off Out/In Report
➤ Pre-Departure Clearance
➤ Oceanic Clearance
➤ Position/Time Update Report
➤ Text Weather
➤ Graphical Weather
➤ Text Messages
Versi ACARS VHF dan SATCOM. Pelaksanaan SATCOM menjadi perhatian di sini;
Khususnya SATCOM melalui Satelit Iridium dan menggunakan format pesan SBD.
SBD ( Short Burst Data ), Format yang menggunakan paket data ("Pesan") tidak lebih dari 1.960 byte. Angka "Gambaran Sistem" menggambarkan hubungan konektivitas End-to-End yang ada antara pesawat terbang dan beberapa Penyedia Data ACARS
"On-board Connectivity"
Perangkat keras pesawat terbang yang diperlukan untuk pesan ACARS
➽ Satellite Transceiver
➽ Display Control Unit (CDU)
➽ Data Management Unit (DMU)
Satellite Transceiver Menyediakan tautan SATCOM ke berbagai perangkat keras
CDU Antarmuka pengguna, menampilkan input tombol tekan dan layar LCD untuk output.
DMU Menyediakan antarmuka ke Unit Transceiver Satelit Via bus ARINC 429.
Sebagai Radio Interface Unit (RIU)
Lalu Lintas Udara-ke-Darat Mencakup permintaan untuk
➽ Update Cuaca
➽ Permintaan Kondisi terminal
➽ Permintaan Clearance
➽ Pesan teks
Lalu Darat-ke-Udara Mencakup pesan teks
➽ Pemutakhiran cuaca yang dijadwalkan secara teratur
➽ Anggapan terhadap permintaan berasal dari pesawat.
"Message Handling" Bahwa sistem dan Iridium benar transparan terhadap pengoperasian sistem ACARS. Setiap pesan atau permintaan ACARS yang berasal dari pesawat terbang. Misalnya, diformat sebagai blok ACARS dalam kombinasi CDU / DMU.
Setiap blok ACARS menjadi pesan SBD, dan mengirimkan pesan SBD ke dalam Sistem Iridium. Pesan SBD yang diterima oleh sistem Iridium dibongkar dan dikonversi kembali menjadi ACARS Blok, dan kemudian diteruskan ke penyedia data melalui gateway.
Sebaliknya, pesan dari penyedia data dilewatkan melalui gateway sebagai blok ACARS, yang dienkapsulasi sebagai pesan SBD yang pernah diterima oleh sistem Iridium, dan kemudian diantisipasi untuk menunggu pemungutan suara oleh pesawat terbang.
Setelah memiliki pesan SBD yang diunggah, ia menghilangkan informasi spesifik SBD dan meneruskan data yang tersisa ke DMU sebagai blok ACARS. Kombinasi CDU / DMU kemudian menafsirkan data ACARS dan menampilkannya ke pengguna akhir.
➽ Sistem Komunikasi dan Pelaporan Pesawat Udara (ACARS)
➽ Untuk pengiriman data bukan suara.
➽ Berorientasi karakter
➥ Mengirim karakter 7-bit
➥ Maksimum pesan 220 karakter
➽ Modulasi pada band VHF:
➥ 2400 bps (bit per detik) diatas AM (modulasi amplitudo) menggunakan MSK
(Minimum Shift Keying) pada saluran 25 kHz.
➽ Banyak pesan dibuat secara otomatis berdasarkan kejadian diskrit:
➥ Yaitu pintu tertutup dan rem parkir dilepas;
➥ Yaitu transisi sensor beban-on-roda dari berat ke berat.
➽ Unit Manajemen ACARS (MU) dan Unit Display Kontrol (CDU)
➽ Awalnya, untuk komunikasi pribadi
(= tidak terkait langsung dengan Kontrol Lalu Lintas Udara) antara pesawat terbang
Dan Airline Operational Center (AOC) untuk hal-hal organisasi:
➽ OOOI (keluar dari pintu gerbang, di luar tanah, di darat, dan masuk ke gerbang pesan):
Pushback dari gerbang, roda, roda, waktu kedatangan di pintu gerbang,
Jumlah penumpang, kursi roda yang dibutuhkan, dll.
➽ Diperluas untuk mencakup data Kontrol Lalu Lintas Udaras (ATC)
➽ Untuk update Cuaca dalam Penerbangan (METAR)
Standar ARINC 618
➽ Mendefinisikan protokol udara / darat
Untuk berkomunikasi antara ACARS / CMU Dan Sistem Ground VHF.
➽ Mendefinisikan format pesan ACARS
Yang dikirim oleh ACARS / CMU dan juga diterima oleh ACARS CMU.
➽ Frekuensi Sangat Tinggi (VHF)
➥ Menggunakan Jaringan Stasiun Radio Ground VHF
➥ Menggunakan Key Shift Frekuensi Audio, FSK (MSK)
➥ Penerbangan Domestik
➥ Penyedia Lyanan Data: ARINC (GLOBALink)
➽ SATCOM
➥ Menggunakan Satelit Komunikasi INMARSAT dan IRIDIUM
➥ Menyediakan cakupan di seluruh dunia, kecuali operasi di Garis lintang tinggi
➥ Masalah saat Anda terbang di atas kutub
➽ Frekuensi Tinggi (HF)
➥ Menggunakan jaringan Stasiun Radio HF Ground
➥ Bekerja untuk Rute Kutub
➥ ARINC adalah satu-satunya penyedia layanan
Standar (ACARS), Tautan Data VHF yang mentransfer data berorientasi karakter antara Sistem Pesawat dan Sistem Ground. Fasilitas komunikasi memungkinkan pesawat beroperasi sebagai bagian dari Sistem Komando, Pengendalian dan Manajemen Maskapai Penerbangan.
Merujuk ke penyedia layanan data sebagai "Penyedia Data".Layanan Data mencakup
➤ Terminal Weather Information for Pilots (TWIP)
➤ Automatic Terminal Information Service (ATIS)
➤ Flight Plan
➤ Flight Plan Winds Update
➤ On/Off Out/In Report
➤ Pre-Departure Clearance
➤ Oceanic Clearance
➤ Position/Time Update Report
➤ Text Weather
➤ Graphical Weather
➤ Text Messages
Versi ACARS VHF dan SATCOM. Pelaksanaan SATCOM menjadi perhatian di sini;
Khususnya SATCOM melalui Satelit Iridium dan menggunakan format pesan SBD.
SBD ( Short Burst Data ), Format yang menggunakan paket data ("Pesan") tidak lebih dari 1.960 byte. Angka "Gambaran Sistem" menggambarkan hubungan konektivitas End-to-End yang ada antara pesawat terbang dan beberapa Penyedia Data ACARS
"On-board Connectivity"
Perangkat keras pesawat terbang yang diperlukan untuk pesan ACARS
➽ Satellite Transceiver
➽ Display Control Unit (CDU)
➽ Data Management Unit (DMU)
Satellite Transceiver Menyediakan tautan SATCOM ke berbagai perangkat keras
CDU Antarmuka pengguna, menampilkan input tombol tekan dan layar LCD untuk output.
DMU Menyediakan antarmuka ke Unit Transceiver Satelit Via bus ARINC 429.
Sebagai Radio Interface Unit (RIU)
Lalu Lintas Udara-ke-Darat Mencakup permintaan untuk
➽ Update Cuaca
➽ Permintaan Kondisi terminal
➽ Permintaan Clearance
➽ Pesan teks
Lalu Darat-ke-Udara Mencakup pesan teks
➽ Pemutakhiran cuaca yang dijadwalkan secara teratur
➽ Anggapan terhadap permintaan berasal dari pesawat.
"Message Handling" Bahwa sistem dan Iridium benar transparan terhadap pengoperasian sistem ACARS. Setiap pesan atau permintaan ACARS yang berasal dari pesawat terbang. Misalnya, diformat sebagai blok ACARS dalam kombinasi CDU / DMU.
Setiap blok ACARS menjadi pesan SBD, dan mengirimkan pesan SBD ke dalam Sistem Iridium. Pesan SBD yang diterima oleh sistem Iridium dibongkar dan dikonversi kembali menjadi ACARS Blok, dan kemudian diteruskan ke penyedia data melalui gateway.
Sebaliknya, pesan dari penyedia data dilewatkan melalui gateway sebagai blok ACARS, yang dienkapsulasi sebagai pesan SBD yang pernah diterima oleh sistem Iridium, dan kemudian diantisipasi untuk menunggu pemungutan suara oleh pesawat terbang.
Setelah memiliki pesan SBD yang diunggah, ia menghilangkan informasi spesifik SBD dan meneruskan data yang tersisa ke DMU sebagai blok ACARS. Kombinasi CDU / DMU kemudian menafsirkan data ACARS dan menampilkannya ke pengguna akhir.
Data Communication - ACARS
➽ Sistem Komunikasi dan Pelaporan Pesawat Udara (ACARS)
➽ Untuk pengiriman data bukan suara.
➽ Berorientasi karakter
➥ Mengirim karakter 7-bit
➥ Maksimum pesan 220 karakter
➽ Modulasi pada band VHF:
➥ 2400 bps (bit per detik) diatas AM (modulasi amplitudo) menggunakan MSK
(Minimum Shift Keying) pada saluran 25 kHz.
➽ Banyak pesan dibuat secara otomatis berdasarkan kejadian diskrit:
➥ Yaitu pintu tertutup dan rem parkir dilepas;
➥ Yaitu transisi sensor beban-on-roda dari berat ke berat.
➽ Unit Manajemen ACARS (MU) dan Unit Display Kontrol (CDU)
➽ Awalnya, untuk komunikasi pribadi
(= tidak terkait langsung dengan Kontrol Lalu Lintas Udara) antara pesawat terbang
Dan Airline Operational Center (AOC) untuk hal-hal organisasi:
➽ OOOI (keluar dari pintu gerbang, di luar tanah, di darat, dan masuk ke gerbang pesan):
Pushback dari gerbang, roda, roda, waktu kedatangan di pintu gerbang,
Jumlah penumpang, kursi roda yang dibutuhkan, dll.
➽ Diperluas untuk mencakup data Kontrol Lalu Lintas Udaras (ATC)
➽ Untuk update Cuaca dalam Penerbangan (METAR)
Standar ARINC 618
➽ Mendefinisikan protokol udara / darat
Untuk berkomunikasi antara ACARS / CMU Dan Sistem Ground VHF.
➽ Mendefinisikan format pesan ACARS
Yang dikirim oleh ACARS / CMU dan juga diterima oleh ACARS CMU.
ACARS – Communication Networks
➽ Frekuensi Sangat Tinggi (VHF)
➥ Menggunakan Jaringan Stasiun Radio Ground VHF
➥ Menggunakan Key Shift Frekuensi Audio, FSK (MSK)
➥ Penerbangan Domestik
➥ Penyedia Lyanan Data: ARINC (GLOBALink)
➽ SATCOM
➥ Menggunakan Satelit Komunikasi INMARSAT dan IRIDIUM
➥ Menyediakan cakupan di seluruh dunia, kecuali operasi di Garis lintang tinggi
➥ Masalah saat Anda terbang di atas kutub
➽ Frekuensi Tinggi (HF)
➥ Menggunakan jaringan Stasiun Radio HF Ground
➥ Bekerja untuk Rute Kutub
➥ ARINC adalah satu-satunya penyedia layanan
Belum ada Komentar untuk "ARINC 618 - Character Oriented Protocol"
Posting Komentar